Situ Cikaret Cibinong



Situ Cikaret adalah Situ terbesar di kecamatan Cibinong, yang juga merupakan cadangan air bagi warga sekitar sampai ke aliran wilayah Cilodong - Depok - DKI Jakarta.
Situ Cikaret terletak diantara 3 (Tiga) batas kelurahan yaitu sebelah utara Kelurahan Harapan Jaya, sebelah selatan Kelurahan Pakansari, dan sebelah Barat Kelurahan Tengah.
Selamat siang guys, sobat semua, ketemu lagi di catatan dijalanan. Siang ini saya akan shared mengenai situ cikaret yang terletak di kawsan Cibinong Kab.Bogor.
Siang tadi saat berangkat dari kawasan srengseng sawah, cuaca terik sekali, laju sepeda motorku seakan enggan ditempa teriknya mentari yang menyengat. Sekitar pukul 11.30, sebelum adzan dzuhur berkumandang. 
Setibanya di Situ Cikaret, suasananya tak seramai akhir pekan, maklum ini hari selasa, pengunjung nya palingan warga sekitar yang ga jauh. Situ Cikaret sekarang telah berbeda wajah, yang biasanya di pinggiran jalan ramai dengan para pedagang kaki lima, kini bersih tertata. Dari pinggiran jalan sobat semua sudah bisa dengan jelas memandang hamparan air nan menyejukan ini.
Situ ini bisa jadi alternatif agan agan untuk berlibur di akhir pekan, selain murah Situ ini bisa kita jadikan sarana pembelajaran dini pada anak - anak akan fungsi dan manfaat Situ atau Danau pada umumnya.

Berikut saya jabarkan dari sisi sains nya : 


Abstrak 
Situ Cikaret termasuk kedalam DAS Sungai Ciliwung, yang berfungsi sebagai pengendalian banjir di Jakarta. Situ ini juga mendukung pemenuhan air baku di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Perubahan tutupan tanah, penurunan luas badan air, dan tidak adanya data mengenai fungsi kontrol untuk banjir dan ketersediaan air situ, serta ketidakjelasan dalam pengelolaan situ adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap degradasi Situ Cikaret. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk: 1) menganalisis perubahan tutupan lahan, 2) menganalisis pengendalian banjir dan ketersediaan air, dan 3) mengidentifikasi pengaruh dan kepentingan stakeholders. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas penutupan badan air berkurang dari 21,67 ha pada tahun 2002 menjadi 16,90 ha pada tahun 2012, yang berarti ada penyusutan 22,01%, analisis pengendalian banjir debit outlet
19.03 m3/dtk, sedangkan setelah penyusutan untuk 16,90 ha, debit outlet 21,60 m3/dtk dengan debit puncak inlet sebesar 36,93 m3/dtk, analisis neraca air menunjukkan bahwa ketersediaan air Situ Cikaret dapat memenuhi kebutuhan air pada tahun 2012 untuk pemanfaatan daerah irigasi 25 ha tanpa defisit air. Arahan evaluasi pengelolaan Situ Cikaret harus ada kebijakan pelimpahan kewenangan dari Pemerintah Pusat ke
Pemerintah Daerah dan perlu dibangun suatu badan pengelola Situ Cikaret untuk berbuat dari hari ke hari.



Fungsi dan manfaat Situ atau Danau


  • Untuk persediaan air bersih
  • Sebagai sarana irigasi
  • Budidaya perikanan darat
  • Tempat rekreasi dan sarana olah raga
  • Untuk mengendalikan bencana alam seperti banjir dan erosi
  • Sebagai sarana penelitian dan pendidikan
  • Sebagai habitat bagi tumbuhan dan satwa
  • dll


Disqus Comments