Panser Anoa



Selamat malam guys, agan agan semua, semoga sukses menyertai kita semua.
Kali ini saya akan shared tentang Panser Anoa APS buatan Pt Pindad. Kendaraan ini dipergunakan untuk mengangkut personel atau dikenal dengan nama APC Armoured personnel carrier yang artinya pengankut personel lapis baja.

Jadi ceritanya gini guys :

Kemarin siang say melintasi kawan Grand Depok City di siang hari. Cuaca mendung bersahabat banget. Di depan kantor PLN Jalan raya Boulevard Grand Depok City sdh ada papan plang bermotif loreng


Saya pikir jalanan ditutup sementara karena akan diadakan latihan militer. Ternyata tidak. Tidak ada keterangan dari warga atau pihak keamanan seteampat dari kesatuan mana latihan ini digelar, yang jelas saya temui 5 Panser Anoa terparkir Pas depan kantor Pemadam kebakaran bertuliskan " Belajar "


Awalnya saya tidak tahu kalo nama kendaraan ini Panser Anoa buatan PT Pindad, Perusahaan kebanggaan Indonsia yang bergerak dibidang pengadaan Alutsista. 
PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pindad_(perusahaan)

Lama kelamaan saya penasaran juga

Apa sih Panser ano itu?
Sejarah Panser Anoa
Buatan Kapan ?
Jenis2 Panser Anoa?
Negara Yang memakai Panser Anoa



Mari kita kupas disini Guys.



Sejarah

Pindad APS-3 diperlihatkan secara resmi kepada publik pada Indo Defence & Aerospace pada tanggal 19 November, 2008 hingga 22 November, 2008 setelah diperlihatkan pada parade militer TNI pada 5 Oktober 2008.. Pada 30 Agustus 2008, 10 APS-3 telah diproduksi dan rencananya akan diproduksi sebanyak 150 buah untuk TNI Angkatan Darat untuk penugasan ANOA pada tahun 2009. 20 Panser ini diserahterimakan ke Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pertahanan, bagian dari kesepakatan dari 150 ke 40 unit saja karena krisis ekonomi. 40 Panser tersebut akirnya dikirim sebagai komitmen PT Pindad untuk memenuhi pesanan total sebanyak 154 Panser. 33 diserahkan kepada Kementrian Pertahanan pada 13 Januari 2010. Pindad telah menerima suntikan dana pinjaman dari Bank Mandiri, Bank BNI 46 dan Bank BRI sebagai bagian dari pembayaran untuk manufaktur Panser-Panser tersebut


Sejarah Penggunaan

Semenjak 9 April 2010 13 buah ANOA telah digunakan untuk mengawal misi perdamaian PBB di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL . ANOA 6×6 maupun 4×4 biasa digunakan untuk pengawalan kegiatan-kegiatan penting negara. Pada 15 November 2011 ANOA varian 6×6 yang menggunakan persenjataan Senapan Mesin Berat 7.62 mm digunakan sebagai kendaraan tempur untuk patroli dan penjagaan ring pada acara KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali. ANOA juga dipakai oleh Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden. Selain kegiatan resmi, ANOA juga dipakai untuk pengamanan car-free day di Bundaran HI.

Demikian shared saya, besok kita lanjut ke jenis2 panser Anoa dan info tentang panser Anoa menarik lainnya ya guys.

Sumber :
Disqus Comments